Wahyumedia

Tips Ampuh Mengerjakan Soal Psikotes

Untuk mengatasinya, langkah pertama adalah sering-sering melakukan latihan soal-soal psikotes dari buku-buku latihan yang banyak beredar, seperti buku Sukses Menaklukkan Psikotes BUMN dan CPNS karya Arif Sugianto & N. Djamaludin ini. Dengan kemampuan yang sudah terlatih, pastinya akan memudahkan Anda saat mengikuti tes. Anda memang tidak tahu sama sekali jenis-jenis soal yang akan dikeluarkan oleh pihak penyelenggara, tetapi setidaknya Anda sudah mempunyai bekal latihan yang cukup. Penguasaan terhadap jenis-jenis soal yang sudah sering dilatih, akan membuat Anda cukup percaya diri saat menghadapi tes.

Langkah yang kedua adalah ketika mengerjakan soal, pilihlah soal yang Anda anggap lebih mudah. Tujuannya, agar Anda lebih santai dan nyaman untuk mengerjakan soal yang Anda kuasai sehingga tidak terburu-buru walaupun ada batas waktu. Jangan lupa mengoreksi jawaban, jangan sampai ada yang tidak diisi, terutama data diri Anda.

Langkah ketiga adalah melakukan kesiapan mental dan fisik. Kesiapan mental dilakukan dengan berlatih mengerjakan soal-soal latihan seperti langkah pertama. Persiapan fisik, berarti Anda harus mempersiapkan fisik agar selalu sehat sampai psikotes berakhir. Sebab, dengan menjaga kesehatan dan kebugaran, Anda dalam mengerjakan psikotes dengan kosentrast tinggi dan secara optimal.

Setelah menyiapkan tiga langkah di atas, ada hal yang tak kalah penting untuk dilakukan. Sebaiknya, Anda berdoa sebelum mengerjakan soal-soal psikotes dan mengerjakan dengan sebaik-baiknya. Anda juga bisa menggunakan buku terbitan WahyuMedia ini sebagai referensi agar lolos tes BUMN dan CPNS.

Buku ini mengulas secara gamblang soal-bahas tes numerik (angka), verbal (bahasa), klerikal (ketelitian), dan spasial (tes gambar) yang sering keluar pada tes BUMN dan CPNS. Tujuannya, agar Anda dapat dengan mudah memahami beberapa daftar BUMN di Indonesia dan tips ampuh untuk mengerjakan soal psikotes.
Semoga Anda sukses!