Wahyumedia

Tip Memilih Universitas Idaman

Tahun ajaran 2009/2010 sebentar lagi akan selesai, dimana saat ini sudah mulai masuk masa Ujian Nasional. Walau masih diliputi kecemasan akan hasil akhir UN tersebut, namun siswa-siswi SMA/SMK  terus berjuang demi kelulusan mereka. Itulah hidup, penuh perjuangan. Prioritas utama siswa-siswi tersebut tentunya memperoleh nilai yang baik dan diterima di universitas idaman.

Mencari ukuran universitas idaman itu sebenarnya tidak begitu susah, kita diharuskan sering mencari tahu informasi mengenai perguruan tinggi yang kita idamkan dan saling membandingkan satu dan lainnya.

Ada 4 tips untuk mendapatkan universitas idaman kamu yaitu:

1. Sesuaikan minat dan bakatmu.

Apakah universitas tersebut memiliki jurusan yang meng-akomodir minat dan bakatmu? Jika menginginkan universitas negeri, kamu harus berupaya lebih keras karena banyaknya calon mahasiswa seluruh Indonesia yang juga menginginkannya. Namun saat ini tidak semua universitas negeri itu murah dan berpotensi tinggi. Masih banyak universitas swasta yang lebih murah, berkualitas, konsisten, dan berpotensi tinggi menghasilkan SDM berkualitas. Janganlah menilai karena “negerinya”.

2. Pikirkan biaya kuliah.

Biaya kuliah semakin hari semakin mahal. Karenanya, ini menjadi prioritas yang penting untuk dipikirkan masak-masak. Jika yakin akan kemampuan edukasi kamu, carilah universitas yang memiliki program beasiswa untuk para calon mahasiswanya. Dengan fasilitas tersebut, kamu akan sangat membantu orangtua dalam membiayai pendidikan.

3. Jangan pernah gengsi.

Saat ini masih ada orangtua dan siswa yang berpendapat bahwa universitas negeri adalah suatu kewajiban, penilaian yang didasarkan atas historis masa lalu. Namun, zaman kini berubah, saat ini universitas negeri kian menjadi mahal dibanding dengan universitas swasta yang juga memiliki kredibilitas yang sangat baik. Apakah kamu masih ingin mengandalkan nilai historis tersebut?

4. Lokasi.

Apakah kamu ingin universitas yang dekat dari rumah? Dikarenakan ini juga akan menekan biaya saat bepergian antara rumah dan kampus. Jika kamu ingin merasakan hidup mandiri saat kuliah, maka carilah universitas dengan daerah yang tidak begitu mahal biaya hidupnya seperti di Yogyakarta.

Sebenarnya masih banyak kriteria yang mendefinisikan universitas idaman. Kebanyakan dari kita terjebak hal-hal yang klise. Jadi tidak semua point di atas diambil semuanya untuk mendefinisikan universitas idaman kamu. Cukup sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi adik-adik saat ini. Jika adik-adik kesulitan biaya, carilah perguruan tinggi terdekat dengan biaya yang lebih murah. Jangan pernah memaksakan sesuatu hal yang tidak kamu sukai, akibatnya akan menyesal karena sudah membuang waktu dan uang tentunya.(YA)