Wahyumedia

Tingginya Angka Kematian Ibu Hamil di Indonesia

Menurut detik.com, angka kematian ibu hamil di Indonesia masih jadi persoalan serius. Bagaimana tidak, setiap 3 jam terdapat 1 orang ibu hamil yang meninggal dunia. Penanganan terhadap ibu hamil masih belum maksimal.

Penyebab langsung kematian ibu hamil terbanyak adalah pendarahan sebanyak 30 persen, eklampsia 25 persen, infeksi 12 persen, komplikasi masa nifas 9 persen, abortus dan partus lama masing-masing 5 persen, dan penyebab lain sebesar 12 persen.

Demi mengurangi risiko-risiko kehamilan ini maka Penerbit Wahyumedia mengeluarkan buku terbarunya yang berjudul Panduan Pintar Hamil dan Melahirkan. Buku ini sangat baik sebagai panduan untuk Ibu hamil dan calon Ibu yang sedang mempersiapkan kehamilan. Dengan begitu, mereka dapat menjalani kehamilan yang sehat, menyenangkan, dan tanpa rasa takut.

Pemeriksaan kesehatan fisik sebaiknya dilakukan 3 – 6 bulan sebelum proses pembuahan terjadi. Hal ini hendaknya disertai dengan mengontrol pola makan dan mengonsumsi makanan bergizi. Ada baiknya Anda memeriksakan kesehatan fisik ke dokter kandungan secara berkala. Lakukakanlah langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Pemeriksaan alat-alat reproduksi. Hal ini perlu dilakukan bagi pasangan suami istri untuk mengetahui sehat tidaknya alat-alat reproduksi istri atau suami.
  2. Pemeriksaan darah. Pasangan suami istri sangat penting memeriksakan golongan darah dan rhesus/rh darah (unsur yang memengaruhi antibody dalam sel darah merah). Hal ini penting sebagai antisipasi jika ada perbedaan golongan darah antara ibu dengan sang bayi.
  3. Pemeriksaan virus. Pemeriksaan ke dokter kandungan juga bermanfaat untuk mengetahui apakah didalam tubuh ibu hamil terdapat virus, seperti hepatitis, HIV yang berpengaruh buruk bagi janin, dan rubella (campak jerman) yang dapat mengakibatkan janin menjadi cacat.
  4. Pemeriksaan penyakit yang diderita ibu hamil. Hal ini penting dilakukan agar dokter dapat memberikan pertimbangan dan saran waktu yang paling tepat untuk hamil. Sebab, penyakit seperti asma, jantung, dan diabetes dapat menjadi lebih buruk jika tidak adanya pengobatan dan perawatan yang baik.

Hal penting yang juga harus diperhatikan pada saat hamil adalah  menghindari hal-hal seperti alkohol, rokok, dan obat-obatan, baik obat yang dibeli bebas maupun dengan resep dokter. Anda tidak mau nyawa menjadi taruhannya bukan?

Dapat dibeli di seluruh toko buku Favorit Anda