Wahyumedia

Teknik Mudah Mewarnai dengan Cat Air

Hal ini bisa terjadi lantaran adanya kesempurnaan sentuhan pelukisnya yang mampu mengombinasikan pewarnaan dan penentuan objek lukisan, sehingga bernilai seni tinggi.

Seorang pelukis tidak akan bisa mencapai tingkat kesempurnaan lukisan yang dibuatnya apabila belum mengusai teknik yang tepat. Dan, salah satu hal yang paling esensi adalah teknik pewarnaan. Sebab, warna menentukan tekstur, bayangan, entitas cahaya, dan mimik suatu lukisan.

Dengan demikian, kita tidak bisa membuat gambar atau lukisan yang beraroma hangat, dingin, panas, segar, layu, sedih, bahagia, dan lain-lain tanpa menguasai teknik pewarnaan. Untuk itu, teknik ini selalu mesti diasah dan dikembangkan sedemikian rupa agar menjadi integritas yang menyatu dalam diri seorang pelukis.

Salah satu jenis teknik pewarnaan yang cukup dikenal adalah dengan menggunakan cat air. Mewarnai dengan cat air dibutuhkan ketepatan dalam menggoreskan kuas di atas kertas. Terlebih sifat cat air sangat transparan.  Dengan begitu, jika ada goresan yang salah, otomatis tidak bisa ditutup dengan goresan yang baru. Apabila tetap dilakukan, goresan sebelumnya tetap akan terlihat.

Kali ini, WahyuMedia menerbitkan buku Teknik Dasar Mewarnai dengan Cat Air. Buku ini merupakan panduan yang menjelaskan secara gamblang teknik penggunaan cat air secara sederhana untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Agar lebih mudah, secara step by step diberi gambar pewarnaan, mulai dari sketa awal sampai hasil akhir pewarnaan.

Buku yang ditulis oleh n’Daru Ranuhandoko, S.Sn. ini, bisa dipergunakan oleh semua umur. Dan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan dan kepekaan terhadap penggunaan berbagai jenis warna dan kombinasinya pada cat air. Sehingga, tercipta kemampuan menggunakan cat air yang baik dan benar dalam mendapatkan hasil yang maksimal.

Selamat berkarya!