Wahyumedia

Teknik Ampuh Sukses Olimpiade Matematika SD

Terutama dalam olimpiade, kompetisi ini merupakan ajang bergengsi, baik dalam skala nasional maupun internasional. Namun, tidak semua orang bisa masuk menjadi peserta olimpiade ini, sebab terlebih dahulu diseleksi secara kompetitif  sesuai tingkat olimpiade masing-masing. 

Misalnya, untuk mengikuti olimpiade tingkat kabupaten, tentu saja Anda harus melalui tahapan seleksi yang bertahap, mulai dari sekolah masing-masing sampai kepada tingkat kecamatan atau di bawahnya. Terlebih lagi, jika akan mengikuti olimpiade tingkat internasional. Tentu kualifikasinya pun lebih besar, sebanding dengan saringan terbaik dari satu negara. Tujuannya, untuk mencari yang terbaik agar mampu membawa kemenangan.

Untuk menguasai materi-materi yang diujikan dalam olimpiade, tentu akan membutuhkan energi besar. Kesungguhan dalam belajar sudah pasti menjadi kunci utama. Sebab, olimpiade adalah ajang kecerdasan, kecepatan, dan ketepatan dalam menjawab seluruh persoalan matematika yang diberikan oleh dewan juri.

Pada perkembangannya, membuat metode belajar sudah menjadi keharusan bagi peserta olimpiade atau bagi siapa saja yang berminat di dalamnya. Melalui metode belajar yang tepat, siswa akan menjadi lebih mudah menguasai materi matematika dan waktu yang dibutuhkan pun akan lebih sedikit.
 
Buku “Cara Mudah Menaklukkan Olimpiade Matematika SD” yang disusun oleh Farid Maulana ini memberikan jalan terang bagi siswa untuk menjadi salah satu metode belajar yang tepat.

Buku yang diterbitkan WahyuMedia ini disusun untuk membantu siswa-siswi SD mahir dalam menyelesaikan soal-soal sekelas olimpiade matematika. Namun, perlu disadari bahwa tidak semua materi soal yang muncul pada kompetisi sekelas matematika tercakup dalam kurikulum reguler SD. Oleh karena itu, diperlukan upaya lebih besar dalam mengenalkan soal matematika dengan berbagai solusi yang sifatnya dapat merangsang siswa berpikir secara kreatif.

Buku ini dapat dipelajari untuk digunakan sebagai alat bantu dalam menghadapi kompetisi matematika, khususnya olimpiade matematika. Rincian pembahasan dalam buku ini terdiri atas soal olimpiade tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional, serta kompetisi matematika internasional.

Kemudian, buku ini bisa membekali siswa atas taktik dan pemecahan masalah, dan disertai latihan soal tanpa pembahasan untuk mengevaluasi pemahaman siswa.
Dengan memelajari buku ini, siswa akan mendapatkan manfaat yang besar, di antaranya:
1. Akan memperoleh pengetahuan dasar dan pola pikir bermatematika;
2. Memperoleh daya nalar dan kreativitas yang tinggi setelah diberikan taktik dan strategi dalam pemecahan soal olimpiade matematika;
3. Dapat dengan mudah menerjemahkan suatu kasus ke dalam bahasa matematika;
4. Siswa mendapatkan prestasi yang tinggi dalam kompetisi matematika, khususnya dalam olimpiade matematika.

Selamat belajar!