Wahyumedia

Siap Menghadapi Wawancara Kerja

  1. Mencari Informasi Perusahaan
    Persiapan terbaik dalam menghadapi wawancara adalah membekali diri kita dengan informasi mengenai perusahaan atau bidang yang kita lamar. Sehingga jika pihak pewawancara bertanya mengenai hal itu, kita bisa menjawabnya.
  2. Mempelajari Istilah-istilah Profesi
    Jika kita baru saja tamat sekolah atau belum berpengalaman, cobalah untuk mengetahui istilah-istilah tertentu dakam bidang yang kita lamar.
  3. Penampilan
    Jagalah penampilan, seperti pakaian, sepatu, rambut dan aroma tubuh kita agar terlihat rapi, formal, nyaman dan bersih.
  4. Bahasa Tubuh
    Pengaturan bahasa tubuh saat wawancara bisa menjadi sangat penting. Misalnya, saat memasuki ruangan berjalanlah dengan tegap, gaya yang sigap, dan kedua lengan mengibas dengan bebas. Ini menunjukkan, kita tahu apa yang kita inginkan dan berani mewujudkannya.
  5. Hal yang harus dilakukan sebelum dan selama wawancara
    Persiapan yang matang merupakan kunci sukses dalam menghadapi wawancara. Misalnya, meninjau lokasi tempat wawancara sebelum hari H. Dengan begitu kita tidak akan menemukan kesulitan saat datang ke lokasi tersebut.

Tips wawancara ini dikemukakan oleh Anna T. Yuniarti dalam buku Sukses Mendapatkan Pekerjaan yang diterbitkan WahyuMedia. Dalam buku tersebut, Anna juga menjelaskan cara membuat surat lamaran yang efektif, contoh soal psikotes dan pembahasannya, serta contoh-contoh pertanyaan yang biasa ada dalam tes wawancara.