Wahyumedia

Mudah Menyelesaikan Soal Fisika

Hal inilah yang coba diungkap Ari Damari, S.Pd dalam buku Konsep Jitu Fisika SMP untuk Kelas 1, 2, dan 3. Buku yang disusun berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) ini berisi ringkasan materi, contoh soal dan pembahasan, serta latihan soal yang dipelajari di bangku SMP.

Materi yang singkat tidak mengurangi kelengkapan materi yang diajarkan di sekolah. Begitupun dengan contoh soal yang disajikan. Pembahasannya menggunakan konsep dasar secara umum dan konsep “langkah jitu”.

Misalnya saja saat siswa mempelajari tentang besaran. Besaran terbagi menjadi dua, yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Berhubung besaran fisika banyak, maka akan sulit bagi siswa untuk menentukan mana besaran pokok dan mana besaran turunan.

Dalam buku ini, Ari menuliskan konsep jitu besaran, “Besaran fisika sangat banyak sekali, dan semua besaran selain tujuh besaran yang ada pada tabel besaran pokok termasuk besaran turunan”.

Jadi, selain panjang, massa, waktu, suhu, kuat arus, intensitas cahaya, dan jumlah molekul merupakan besaran turunan.

Nah, dengan langkah jitu, soal-soal fisika bisa diselesaikan dengan singkat, benar, dan tidak menyalahi konsep dasarnya. Buku ini diterbitkan oleh WahyuMedia.