Wahyumedia

Mudah Menguasai Bahasa Inggris

Layaknya seorang bayi umur 18 bulan ke atas, mereka mulai mengenal gambar atau bentuk benda dan mendengar suara tentang nama benda tersebut. Dia masih belum bisa mengucapkannya, tetapi dia dapat mengerti benda atau kata tersebut. Misalnya kata “duduk”, karena dia sering mendengarkan kata ini maka pada waktu mulai mengerti, dia akan melakukan gerakan “duduk” meskipun dia belum bisa berbicara.

Jadi, kunci belajar bahasa Inggris yang mudah, cepat, dan efektif adalah membaca dan menghafalkan kosakata (vocabulary) yang sering dipakai lalu menggunakannya dalam bentuk yang lain.

Menurut Michael West (1953) dalam bukunya A general service list of English word. London: Longman. Mengelompokkan kosakata secara bertahap berdasarkan frekuensi penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari antara lain sebagai berikut.

  1. Mahir 1000 kata, diharapkan siswa yang baru belajar bahasa Inggris pada 3 tahun pertama dapat menghafalkan 1000 kata ini.
  2. Mahir 2000 kata, diharapkan siswa yang belajar bahasa Inggris pada tahun ke-4 sampai tahun ke-6 dapat menghafalkan 2000 kata ini.
  3. Mahir 3000 kata, diharapkan siswa yang belajar bahasa Inggris di perguruan tinggi dapat menghafalkan 3000 kata ini.

Pada kesempatan ini, WahyuMedia menerbitkan buku berjudul “4 Langkah Mudah Menguasai English Vocabulary” karya J. Ongkosaputro menyajikan 2000 kata yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Lewat empat jenis permainan kata, diharapkan dengan adanya buku ini dapat membantu siswa/pembaca menghafalkan kosakata tersebut.