Wahyumedia

Mudah Menghadapi Olimpiade Matematika

Soal-soal olimpiade matematika bukanlah sembarangan soal. Setiap soal harus benar-benar dipahami terlebih dahulu, kemudian diselesaikan dengan baik dengan waktu yang singkat. Semua itu membutuhkan kemampuan analis logis yang cukup tinggi.

Ada beberapa strategi yang dapat digunakan dan mungkin sangat bermanfaat untuk menyelesaikan suatu soal, terutama soal yang terlihat cukup rumit. Beberapa strategi yang dimaksud adalah mencari pola, membuat gambar, menulis dan memilih notasi, membagi kasus, dan bekerja terbalik.

Seringkali kita dihadapkan pada soal yang terlihat tidak sederhana karena menggunakan bilangan yang besar sehingga kita kesulitan dalam memahaminya. Untuk itu, kita dapat melihat masalah serupa pada tipe soal yang lebih sederhana. Setelah itu, kita dapat melihat pola soal tersebut dan memberikan penjelasan untuk kasus yang lebih umum.

Untuk memudahkan para siswa dalam menghadapai soal-soal olimpiade, WahyuMedia mencoba membantu para siswa lewat buku Cara Mudah Menaklukkan Olimpiade Matematika SMP karya Lucky Fajar Rasyidin, ST. dan Farid Maulana. Buku ini berisi kumpulan soal yang pernah dilombakan pada olimpiade matematika SMP tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional di Indonesia.

Buku tersebut juga membahas kumpulan soal-soal yang dibahas secara tuntas, konkret, dan gamblang sehingga mudah dipahami oleh siswa karena dilengkapi dengan soal latihan dan strategi dalam memecahkan permasalahan. Ini berguna untuk membantu siswa dalam memahami dan menyelesaikan soal-soal olimpiade matematika yang umumnya sangat menjebak.

Selain itu, buku ini dapat digunakan sebagai buku referensi bagi siswa, pengajar, dan peminat matematika untuk mempelajari materi yang pernah dilombakan pada olimpiade matematika. Juga dapat digunakan untuk mengukur kemampuan dan pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal-soal olimpiade matematika SMP dengan baik dan benar.