Wahyumedia

Mengukur dan Meningkatkan IQ Anak

Tingkat kecerdasan anak sangat ditentukan oleh keadaan otak dan dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti sifat genetis (keturunan), lingkungan (fasilitas, sosial-ekonomi keluarga), motivasi, dan status gizinya.

Dengan mengetahui tingkat kecerdasan anak, orangtua bisa membuat perencanaan positif guna perkembangan anak. Misalnya, mengukur kecenderungan, pola pikir, dan karakter. Selain itu, akan adanya upaya untuk lebih mengoptimalkan kecerdasan anaknya melalui barometer-barometer tertentu sebagaimana disebutkan di atas.

Namun, bagaimanakah caranya agar kita mengetahui tingkat kecerdasan atau IQ anak? Salah satu cara yang lazim digunakan oleh pakar pendidikan dan anak, ialah dengan melakukan testing IQ.

Melalui testing IQ ini, kecerdasan, daya nalar, dan kemampuan logika anak dapat terukur. Orangtua atau guru nantinya akan lebih mudah dalam mengarahkan anak sehingga inteligensinya dapat lebih ditingkatkan.

Testing IQ ini adalah terdiri dari pola-pola tertentu, yakni memberikan bentuk persoalan atau pertanyaan yang telah dikonsep yang disesuaikan dengan usianya.  Konsep ini, akan Anda temui dalam buku “Cepat Menguasai Psikotes Anak 3-6 Tahun” karya Anggita Prastiwi yang diterbitkan WahyuMedia.

Materi dalam buku ini di antaranya melingkupi:

  • Mengasah logika berpikir, meningkatkan kecerdasan dan mempertajam daya nalar anak.
  • Mengenal dan memahami fungsi anggota tubuh dan pancaindra.
  • Mengenal aneka makhluk hidup, benda, dan lingkungan sekitar.
  • Melatih dan meningkatkan kemampuan anak dalam menghitung, membandingkan, dan mencocokkan objek.
  • Mengenal dan memahami berbagai macam kegiatan manusia sehari-hari.

Buku ini sangat bermanfaat bagai orangtua, guru atau pengajar dalam melihat, mengontrol, dan mengasah kecerdasan (IQ) anak.  Buku ini selain bisa menjadi sarana Testing dan meningkatkan kecerdasan anak, juga menjadi hal yang menarik bagi anak. Dengan begitu, prosesnya akan berjalan lebih mudah dan menyenangkan.