Wahyumedia

Mengenalkan Benda Sekitar pada Anak

Tapi, terkadang orangtua merasa cemas akan apa yang dilakukan oleh anaknya. Akibatnya justru anak tidak bisa mengenal secara benar fungsi benda-benda di sekitarnya. Untuk itu, agar anak bisa mengenal benda secara benar, orangtua diharapkan dapat melakukan proses pengasuhan dan pendidikan dengan cara yang benar pula. Dan, sebaiknya orangtua juga menyediakan alat pendukung untuk membantu proses tersebut.

"Kartu Pintar Benda Inggris – Indonesia" karya Vinca Ambardini ini bisa Anda gunakan sebagai alat pendukungnya. Kartu ini merupakan salah satu bahan untuk mengoptimalkan proses pendidikan dan pengasuhan pada Balita Anda. Kartu terbitan WahyuMedia ini berisi kartu-kartu bergambar dilengkapi dengan teks bahasa Inggris dan bahasa Indonesia yang disusun praktis dan sederhana.

Petunjuk penggunaan kartu bagi orangtua/pengasuh/pengajar:

  1. Sebelum memulai belajar dan bermain kartu ini, kondisikan anak dalam keadaan santai. Jangan pernah mencoba untuk memaksanya. Sebab, anak akan sulit untuk menerima materi apalagi menghafalnya.
  2. Ambil 510 kartu secara acak. Tunjukkan bagian depan kartu (yang berisi gambar dan kata dalam bahasa Inggris) kepada anak lebih kurang 24 detik. Bacakan teks bahasa Inggris sesuai lafal (cara membacanya) seperti tertera di bagian belakang kartu, lalu bacakan pula artinya agar anak paham.
  3. Bacakan teks pada kartu dengan suara yang terdengar jelas dan bimbinglah agar anak mengikuti.
  4. Lakukan secara berulang-ulang permainan kartu ini agar anak dapat menghafalnya dengan baik.
  5. Jika anak sudah hafal 510 kosakata, orangtua/guru bisa kembali melanjutkan dengan mengambil kartu benda yang lainnya.

Catatan:
Orangtua atau guru hendaknya jangan berharap terlalu banyak pada anak kita pada percobaan pertama. Sebab, untuk mendapatkan hasil maksimal diperlukannya banyak latihan dan kesabaran. Coba ulangi lagi pelajaran ini beberapa hari  setelahnya.