Wahyumedia

Menaklukkan Olimpiade Nasional SMA

Indonesia telah memiliki bukti kuat bahwa anak bangsanya memiliki potensi dan kemampuan besar dalam bidang ilmu yang dianggap cukup rumit ini. Potensi-potensi ini, apabila dikembangkan tentu saja akan menjadi kekuatan yang dahsyat dalam dunia ilmu pengetahuan dan industri.

Pengembangan ini menjadi kunci besar bagi negara-negara maju di dunia. Amerika dan Jepang maju bukan karena mampu melahirkan para pemikir jeniusnya dalam satu masa, tapi karena mereka mampu mengembangkan potensi-potensi yang mereka miliki dan mempertahankan prestasi yang sudah diraihnya.

Bagi Indonesia, tidaklah mustahil untuk menjadi setaraf dengan negara-negara maju lainnya. Sebab, Indonesia sudah memiliki potensi-potensi dan prestasi tadi. Namun, hanya tinggal pengembangan dan mempertahankan prestasi serta meningkatkannya. Setelah proses ini dilakukan, Indonesia akan mampu memiliki prestasi besar dalam bidang pengetahuan kimia ini. Dan, tentu saja perkembangan industri pun akan maju secara signifikan sehingga bisa menciptakan berbagai produk.

Kemudian, bagaimana langkah-langkahnya? Yang pertama harus dilakukan adalah dengan terus membina pelajar-pelajar berprestasi di bidang kimia. Kemudian, selalu dibuat stimulus-stimulus yang positif sehingga pelajar-pelajar Indonesia mampu mengembangkan kemampuannya di bidang kimia.

Salah satu wadah yang bisa dijadikan stimulus dan pencari para pelajar yang berprestasi di bidang kimia adalah dengan diadakannya olimpiade kimia tingkat nasional. Selain itu, pelajar akan tertantang dalam suatu persaingan sehat melawan pelajar lainnya dalam kompetisi, baik secara teori maupun praktiknya.

Namun, bagi Anda yang hendak ikut berkompetisi dalam olimpiade kimia, tentu harus mempersiapkan segalanya secara matang. Salah satunya memelajari materi-materi ujian yang pernah diujikan pada olimpiade kimia. Tujuannya, selain mengasah kemampuan juga memelajari sistem persoalan-persoalan yang diujikan pada olimpiade kimia ini.

Buku “Cara Mudah Menaklukkan Olimpiade Kimia SMA Nasional”  yang ditulis oleh Riwndi Sihombing, Ph.D., Ismunaryo Moenandar, M.Phil., Prof. Djulia Onggo, Ph.D., Prof. Ismunandar, Ph.D. ini menjadi panduan tepat bagi Anda dalam upaya persiapan ujian olimpiade kimia.

Buku yang diterbitkan WahyuMedia ini berisi kumpulan soal olimpiade kimia SMA nasional III di Pekanbaru – Riau sampai yang terbaru, yaitu olimpiade kimia nasional VII di Makassar. Pembahasan soal-soal olimpiade ini dijawab secara tuntas, jelas, dan gamblang sehingga memudahkan siswa untuk memahami soal-soal kimia, baik teori maupun praktik.

Selamat belajar. Semoga sukses!