Wahyumedia

Memahami Peribahasa

Negara Indonesia terdiri dari berbagai suku yang masing-masing memiliki bahasa dan kebudayaan tersendiri. Salah satu bagian dari kebudayaan ialah peribahasa yang merupakan produk masyarakat daerah yang mengandung nilai-nilai filsafat, religius, moral, etika, dan sosial budaya masyarakat pendukungnya.

Peribahasa adalah suatu kiasan bahasa yang terdiri dari kalimat yang bersifat ringkas, padat, dan berisi tentang norma. Perbandingan, perumpamaan, prinsip hidup, ataupun aturan tingkah laku.

Peribahasa merupakan salah satu wujud kekayaan budaya bangsa Indonesia. Dari rangkaian kata indah penuh makna ini, kita dapat memetik nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya. Maka perkembangannya dipengaruhi oleh perubahan yang terjadi di masyarakat pendukungnya.

Biasanya, kelompok kata atau kalimat dalam peribahasa memiliki struktur susunan yang tetap, dan merupakan kiasan terhadap maksud tertentu. Kalimat dalam peribahasa biasanya mengesankan, dengan arti yang luas dan isi yang bijak.

Mungkin banyak kita jumpai masyarakat yang menggunakan peribahasa dalam kehidupan sehari-hari yang salah satunya tidak kita mengerti. Untuk memudahkan kita memahami peribahasa yang ada, WahyuMedia menerbitkan buku 2700 Peribahasa Indonesia yang disusun oleh Ajen Dianawati. Buku ini disusun secara praktis dan sistematis untuk memenuhi kebutuhan siswa SD, SMP, dan SMA sebagai penunjang pelajaran bahasa Indonesia di sekolah.
  
Buku ini juga dilengkapi dengan aneka pantun seperti pantun adat, pantun agama, pantun budi, pantun jenaka, pantun pahlawan, pantun peribahasa, dan pantun teka-teki. Dengan mempelajari dan memahami peribahasa, siswa akan dapat memetik hikmah dan kebijaksanaan hidup yang cukup sarat akan nilai-nilai moral. Semoga buku ini dapat membantu siswa dalam mempelajari peribahasa dan pantun. Amin