Wahyumedia

Memahami Konsep Dasar Matematika

Kendala semacam itu disebabkan karena tidak adanya kesesuaian antara kemampuan siswa dengan cara penyajian materi, sehingga matematika dirasakan sebagai pelajaran yang sulit untuk diterima. Oleh karena itu, diperlukan perbaikan yang dapat meningkatkan prestasi belajar matematika di setiap jenjang pendidikan.

Sehubungan dengan hal tersebut, buku “Konsep Jitu Matematika SMP untuk Kelas 1, 2, dan 3” disusun oleh Drs. Anwar dengan maksud agar siswa mampu memecahkan atau menyelesaikan soal matematika pada saat menghadapi ulangan harian, ulangan umum, maupun ujian nasional (UN) dengan berbagai variasi cara dan terobosannya.

Pada setiap bab terdapat ringkasan materi, contoh soal dan pembahasan, serta latihan soal. Ringkasan materi disajikan secara singkat tapi lengkap. Pada contoh soal, pembahasannya menggunakan konsep “Langkah Jitu”. Dengan langkah jitu, soal-soal matematika bisa diselesaikan dengan singkat, benar, dan tidak menyalahi konsep dasarnya.

Langkah soal yang diberikan di akhir setiap bab ditujukan sebagai sarana latihan siswa sekaligus sebagai tolak ukur proses pemahaman materi dan konsep langkah jitu dalam menyelesaikan berbagai soal matematika. Dengan latihan soal sebanyak-banyaknya dan tidak mudah menyerah dalam belajar, matematika akan menjadi pelajaran yang mudah dan menyenangkan.