Wahyumedia

Melatih Anak Membaca

Membaca merupakan salah satu kebutuhan pokok tertinggi untuk otak manusia dari semua makluk hidup di dunia ini. Keberhasilan membaca diawali dengan belajar. Hanya manusia yang bisa dapat membaca.

Membaca bukanlah suatu kegiatan pembelajaran yang mudah.  Banyak faktor yang dapat memengaruhi keberhasilan anak atau siswa dalam membaca.

Dengan mengajarkan kepada anak cara membaca berarti kita memberi anak tersebut sebuah masa depan. Dalam artian, memberi suatu teknik bagaimana cara mengekplorasi “dunia” yang akan dia pilih dan memberikan kesempatan untuk mendapatkan tujuan hidupnya.

Proses belajar didasari pada kemampuan membaca. Anak-anak dapat membaca sebuah kata ketika usia mereka satu tahun, sebuah kalimat ketika berusia dua tahun, dan sebuah buku ketika berusia tiga tahun dan mereka menyukainya.

Jangan heran jika Anda melihat anak umur tiga tahun sudah bisa membaca atau anak umur lima tahun gemar membaca buku. Mengajari anak di bawah usia lima tahun (balita) membaca bukan suatu hal yang sulit, jika dilakukan dengan metode yang benar plus kesabaran dan ketelatenan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Ermanto, S.Pd., jika anak anda diajarkan membaca secara intensif (belajar membaca setiap hari dengan alokasi waktu 2 jam per hari), mungkin dalam tempo 20 hari anak sudah dapat lancar membaca huruf.

Pemberantasan buta aksara perlu dilakukan dan selalu diwaspadai di Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan kiat-kiat yang mudah, cepat, tepat, dan praktis untuk belajar membaca, terutama bagi anak-anak usia dini.

Dalam mendidik anak, kita harus memahami langkah-langkah seperti berikut;
1.    Pengenalan Huruf dan Penguasaan Vokal
2.    Latihan Membaca Suku Kata dari Huruf p, b, t, d, m, n
3.    Latihan Membaca Suku Kata dari Huruf r, i, c, j, k, g
4.    Latihan Membaca Kalimat dan Wacana Singkat
5.    Latihan Membaca Suku Kata dari Huruf ng, ny, s, sy, z, f, v, y, w
6.    Latihan Membaca Kata, Kalimat, dan Wacana

Semua ini terangkum dalam buku “6 Langkah Cepat & Efektif Belajar Membaca” karya Ermanto, S.Pd., M.Hum yang diterbitkan WahyuMedia. Buku ini juga menyajikan “METODE SILABEL” yakni belajar membaca per suku kata.