Wahyumedia

Makanan Pendamping ASI untuk Bayi

Makanan pendamping ASI diberikan kepada bayi setelah usia enam bulan. Alasannya,  pada usia tersebut pencernaan bayi mulai kuat. Jika makanan pendamping ASI diberikan terlalu dini akan menurunkan konsumsi ASI dan bayi mengalami gangguan pencernaan atau diare. Sebaliknya bila makanan pendamping diberikan terlambat akan mengakibatkan anak kurang gizi bila terjadi dalam waktu panjang.

Nah, bagi orangtua yang membutuhkan panduan dalam memberikan makanan pendamping ASI bagi si buah hati. Salah satu tips di bawah ini semoga bermanfaat.

Tips Membuat Kaldu:

  • Pilih bagian tulang atau daging yang tepat: tulang dan daging (baik itu sapi maupun dari ayam) dapat dipakai untuk membuat kaldu. Bila memakai daging sapi, pilihlah yang mengandung sedikit lemak. Bila memakai tulang sapi, pilihlah tulang kaki atau iga. Kedua bagian ini akan memberikan rasa kaldu yang lezat.
    Catatan: Bagian dari tulang ayam yang enak dibuat kaldu adalah tulang punggung, sayap, dan kaki.
  • Tambahkan bumbu: bumbu standar yang dipakai untuk membuat kaldu adalah bumbu daun. Tujuannya untuk menambah aroma dan mengurangi anyir khas aroma tulang. Misalnya, untuk setiap 400 gram tulang, perlu ditambahkan ½ butir bawang bombay, I siung bawang putih, 1 tangkai seledri, dan 1 tangkai daun bawang.
  • Memasak: rebuslah tulang dengan air dingin dan tidak matang. Masak dengan api kecil. Jangan sering diaduk supaya air rebusan tidak keruh. Api yang besar akan membuat kaldu cepat mendidih. Akibatnya bagian luar daging akan matang sehingga sari atau kaldu daging tidak dapat keluar. Selain itu, sumsum juga tidak sempat keluar dari tulang. Lama memasak kaldu minimal 1 jam. Tujuannya, agar kaldu yang dihasilkan menjadi kental dan gurih.
  • Cara menyimpan Kaldu: kaldu dapat disimpan lebih dari dua minggu dalam keadaan beku. Caranya, setelah kaldu menjadi dingin, cetaklah menggunakan cetakan es batu. Bekukan dalam freezer. Setelah itu, keluarkan lalu simpan dalam kantong plastik, masing-masing sebanyak 4 buah untuk sekali pakai. Simpan kembali dalam freezer.

Tip di atas dikutip dari buku Seri Makanan Pendamping ASI, 35 Resep Tim Kasar untuk Bayi karya Anggraeni Prabaningrum. Dalam buku ini terdapat cara-cara pembuatan makanan pendamping ASI bagi bayi. Melalui aneka resep ini orang tua bisa memberikan makanan yang bisa melatih saraf motorik di sekitar mulut dan merangsang pertumbuhan gigi.

Selain itu, buku terbitan WahyuMedia ini juga membahas tentang kandungan gizi dalam makanan pendamping ASI yang penting untuk memacu tumbuh kembang bayi.
Semoga bermanfaat!