Wahyumedia

Langkah Tepat Menguasai Gramatika Bahasa Jepang

Dewasa ini, bahasa Jepang semakin diminati oleh berbagai kalangan. Menurut mereka, hal pertama yang diperhatikan dalam mempelajari bahasa Jepang adalah hurufnya. Jika pada bahasa Indonesia hanya ada 1 bentuk huruf, yakni huruf romawi, sedangkan pada bahasa Jepang terdapat 3 macam huruf yang selalu digunakan dalam bahasa tulis. Setiap huruf ini memiliki fungsi dan bentuk yang berbeda-beda. Ketiga huruf tersebut adalah:

  1. Huruf hiragana, salah satu huruf yang paling sering dipakai dalam bahasa tulis Jepang. Bentuk huruf ini sangat sederhana sehingga cukup mudah untuk dipelajari. Menurut sejarah, huruf hiragana merupakan huruf asli Jepang. Huruf tersebut dipercaya sebagai huruf yang banyak dipakai oleh kaum perempuan.
  2. Huruf katakana, jenis huruf Jepang kedua yang juga tak kalah sering digunakan. Hanya, huruf ini tidak digunakan sesering huruf hiragana. Biasanya, huruf katakana baru digunakan untuk menulis bahasa serapan dari bahasa asing (dairaigo), nama negara asing, nama tempat/nama kota di negara asing, dan nama orang asing. Dahulu, huruf katakana dipercaya sebagai huruf yang banyak dipakai oleh kaum laki-laki. Hal ini dikarenakan karakter huruf katakana cukup kaku dan terlihat kokoh.
  3. Huruf kanji, jenis huruf terakhir yang juga sering digunakan dalam bahasa tulis Jepang yang diadopsi dari huruf Cina. Berbeda dengan kedua huruf di atas, huruf kanji memiliki tarikan yang lebih banyak dan kompleks. Sebuah huruf kanji biasanya memiliki arti sebuah kata, baik kata benda maupun kata kerja. Jika mewakili sebuah kata kerja, huruf kanji tersebut biasanya dilengkapi dengan huruf hiragana dan mampu berdiri sendiri. Apabila huruf kanji dipakai bersama dengan huruf kanji yang lain, akan tercipta satu arti baru. Ada dua jenis cara baca huruf kanji, yakni kunyomi dan onyomi.
    Kunyomi: dibaca saat kanji itu digunakan sendiri sebagai kata.
    Onyomi: dibaca saat kanji itu digunakan dengan kanji yang lain sebagai sebuah kata.

Untuk mempelajari lebih lengkap tentang bahasa Jepang, buku 12 Langkah Praktis Mahir Bahasa Jepang untuk Pemula ini hadir untuk mendukung proses pembelajaran bahasa Jepang dengan tepat dan mudah. Buku ini menyajikan cara-cara efektif untuk menguasai gramatika bahasa Jepang. Hal ini dikarenakan tata bahasa adalah dasar dalam penguasaan suatu bahasa.

Selain membahas tata bahasa secara sistematis, buku karya Heny Fitria P.S. ini juga dilengkapi contoh percakapan agar lebih mudah dipelajari. Sebagai sarana pendukung, pembaca dapat mendengar contoh percakapannya melalui CD audio.

Buku terbitan WahyuMedia ini dapat mendukung proses pembelajaran bahasa Jepang dengan tepat, efektif, dan efisien.