Wahyumedia

Klinik Fisika di Pesta Buku Jakarta 2009

Selama ini, tidak sedikit siswa yang menganggap fisika itu sulit. Begitu pun dengan Ari di saat ia masih duduk di bangku sekolah. Namun, dengan kegigihannya dalam mempelajari fisika, pendapat itu akhirnya sirna.

“Pola pikir fisika itu sulit, sukar, dan rumit,” katanya. “Namun, semua itu bisa diubah jadi mudah asalkan kita mau mengikuti lima metode pola berpikir fisika”.

Menurut Ari, lima metode berpikir fisika itu terdiri dari hubungan antarbesaran atau kesebandingan,  memahami konsep, persamaan fisika atau rumus dasar, vektor, dan kreatif.

Pada kesempatan itu, Ari membahas satu per satu kelima metode berpikir fisika secara jelas dan terperinci. Contoh soal dari ebtanas atau pun UAN tidak lupa ia sertakan pada acara yang berlangsung selama dua jam ini.

“Kalau belajar fisika, jangan mempelajari rumus yang panjang. Rumus dasar saja,” katanya memberikan tip kepada pengunjung yang datang ke Pesta Buku Jakarta 2009. “Salah satu tip lainnya, ketika mengerjakan soal fisika, selesaikan dulu apa yang ditanya,” katanya melanjutkan.

Kehadiran talkshow ini terbukti cukup menarik perhatian pengunjung. Meskipun bertema fisika, tetap saja tidak menyurutkan rasa penasaran pengunjung untuk menyelesaikan contoh soal yang diberikan oleh Ari.