Wahyumedia

Kewajiban Belajar Bahasa Inggris untuk Anak-Anak

Belajar bahasa asing menjadi suatu kebutuhan saat ini. Namun, setelah melewati beberapa waktu dalam proses belajar, seringkali kita merasa bosan dan lelah. Begitu banyak perbendaharaan kata yang harus diingat, belum lagi tata bahasa yang menyertainya. Kejenuhan sangat wajar terjadi. Lalu bagaimanakah cara mengatasi kejenuhan belajar ini?

Anak-anak sekarang sebenarnya sudah diajarkan bahasa Inggris dari jenjang Sekolah Dasar, namun dikarenakan metode pembelajaran dan banyaknya murid yang diajarkan dalam satu kelas maka sang Guru tidak bisa memperhatikan siswa satu per-satu. Kursus bahasa Inggris menjadi salah satu cara untuk bisa belajar bahasa tersebut dengan lebih baik, dimana metode yang diajarkan memang lebih baik dan menarik serta satu kelas hanya diisi oleh sekitar 10—15 murid, bahkan ada yang hanya maksimal 4 orang siswa dalam 1 kelasnya.

Kursus bahasa Inggris untuk anak-anak yang diselenggarakan, menerapkan metode pembelajaran dengan musik dan permainan lebih mudah dalam penyerapan arti kata-kata yang diajarkan. Memang kursus-kursus ini akan menyebabkan orangtua mengeluarkan dana tambahan yang cukup banyak. Bayangkan saja untuk satu level kursus ini, orangtua harus mengeluarkan jutaan rupiah. Namun, tetap saja mereka tidak segan mengeluarkan biaya tersebut agar anak mereka dapat fasih berbicara dalam bahasa Inggris.

Akan tetapi, sebenarnya adakah cara lain agar anak-anak dapat berbahasa Inggris tanpa dengan mengikuti kursus? Sebenarnya ada, yakni dilakukan sejak dini ketika anak-anak baru menginjak masa mengenal kata-kata pada usia 2—3 tahun. Dengan menyisipkan kata-kata bahasa Inggris sambil bermain dengan mereka, dapat membantu anak terbiasa dengan bahasa Inggris. Pasalnya, pada usia tersebut, anak masih memiliki keterbukaan kepada suatu bahasa dibanding setelah menginjak masa Sekolah Dasar. Mereka juga lebih cenderung berpikir “susah” mempelajari suatu bahasa asing selain bahasa “ibu”.

Saat ini banyak buku-buku yang dijual di toko-toko buku yang telah mengajarkan anak-anak kita belajar bahasa Inggris. Salah satunya adalah penerbit Wahyu Media yang banyak mengeluarkan buku-buku seperti ini, yakni English Vocabulary For Kids, Kartu Peraga Bahasa Inggris, dll. Belajar bahasa Inggris bersama orangtua akan lebih terasa kedekatan antara anak dan orangtua dan mereka pun dapat mengetahui perkembangan anaknya secara langsung saat mereka belajar bersama.