Wahyumedia

Kecerdasan Manusia yang Beraneka Ragam

Setiap manusia dikarunia kecerdasan. Kecerdasan ini dibagi ke dalam beberapa bagian yang telah diteliti oleh Howard Gardner dalam bukunya “Multiple Intelligences”, meliputi yaitu:

  • Kecerdasan Logis Matematis,
  • Kecerdasan Linguistic – verbal,
  • Kecerdasan Spasial – visual,
  • Kecerdasan Musical,
  • Kecerdasan Kinestetic – ragawi,
  • Kecerdasan  Naturalis,
  • Kecerdasan Intrapersonal,
  • Kecerdasan Interpersonal,
  • Kecerdasan Eksistensial.

Kecerdasan Logis Matematis dan Kecerdasan Linguistic-verbal dahulu sering dikategorikan sebagai kecerdasan secara intelektual dan sering dianggap sebagai factor kepintaran seseorang. Padahal ada jenis kecerdasan visual, musical, dan ragawi yang memengaruhi keberhasilan dalam dunia kerja. Ke-enam jenis kecerdasan tadi dapat dikelompokkan sebagai kategori ketrampilan yang seharusnya dimiliki oleh manusia untuk bertahan hidup.

Sedangkan ketiga jenis kecerdasan yang lainnya, yakni Kecerdasan Naturalis, Intrapersonal, dan Interpersonal dapat membantu seseorang menjadi sukses dalam karier, kehidupan berkeluarga, SERTA hubungan antarsesama manusia dan alam. Kecerdasan ini mencangkup kemampuan membedakan dan menanggapi dengan tepat suasana hati,temperamen, motivasi, serta hasrat keinginan diri sendiri dan orang lain.

Ada juga yang disebut dengan kecerdasan spiritual, yang dapat membantu seseorang untuk menemukan kebahagiaan dalam hidupnya karena sudah menyadari makna dari hidup itu sendiri. Apabila seseorang dapat mengasah kecerdasan spiritualnya, orang itu akan memiliki kelebihan yang terlihat dari integritas, karakter,  dan nilai hidup yang dimilikinya.

Kecerdasan yang beragam inilah yang membuat masing-masing  orang memiliki kepribadian yang unik sehingga tidak sama dengan yang lainnya. Seseorang bisa memiliki beberapa, bahkan semua kecerdasan tersebut apabila selalu mengasah dan melatih semua potensi yang ada pada dirinya. Oleh karena itu, penerbit Wahyumedia menerbitkan buku terbarunya ditujukan untuk membantu orangtua melatih kecerdasan anak mereka. Buku ini berjudul “Tes Kecerdasan Anak seri Binatang” yang dirancang secara khusus untuk meningkatkan intelegensi dan logika berpikir anak. Dapatkan buku ini di toko buku favorit Anda.