Wahyumedia

Hindari Rokok Saat Ibu Sedang Hamil

Dalam hasil studi riset yang telah dipublikasikan di shvoong.com, ditemukan suatu analisis bahwasanya ibu yang merokok atau sering terkena paparan asap rokok selama kehamilan dapat menyebabkan tekanan darah bayinya menjadi tidak normal. Hal tersebut bisa menjadi penyebab kematian mendadak bagi sang bayi.

Tekanan darah yang abnormal membuat jantung harus memompa lebih cepat dan lebih keras. Studi menunjukkan kerusakan pada sirkulasi ini dapat menjadi faktor risiko pada sindrom kematian bayi mendadak (SIDS). Dr Gary Cohen dan tim-nya mengadakan penelitian, dimana hasil analisnya mendapatkan 36 bayi yang baru lahir, 17 diantaranya lahir dari ibu yang merokok selama hamil.

Saat bayi yang sering terpapar asap rokok tersebut diperiksa, menunjukkan adanya ketidaknormalan pada denyut jantung dan tekanan darahnya. Keadaan ini semakin memburuk sepanjang tahun pertama kehidupannya. “Biasanya ketika seseorang berdiri, detak jantung meningkat dan pembuluh darah menegang. Bagi bayi dari ibu yang merokok, masalah tersebut terus menerus terjadi mulai dari lahir hingga 1 tahun pertama dan menjadi semakin buruk dari waktu ke waktu,” ujar Dr Cohen, seperti dikutip dari BBCNews.

Dr Cohen menambahkan, selama beberapa waktu orang sudah mengetahui adanya pengaruh kardiovaskular pada kasus kematian bayi mendadak. Ini kemungkinan bisa menjelaskan mengapa hal tersebut bisa terjadi. Terpapar asap rokok sejak awal kehidupan membuat mekanisme kontrol tekanan darahnya terganggu. “Pengaruhnya bukan hanya pada pernapasan bayi tapi, juga kontrol dari tekanan darah dan denyut jantungnya,” jelas Dr Cohen.

“Hasil penelitian ini begitu masuk akal. Kematian bayi mendadak dapat dihindari dengan tidak membiarkan terdapat asap rokok di dalam ruangan yang sama dengan bayi. Selain itu, sepertiga kematian bayi mendadak bisa dihindari jika ibunya tidak merokok selama hamil,” ujar Prof George Haycock, penasehat dari Foundation for the Study of Infant Deaths.

Dikarenakan bahayanya asap rokok tersebut bagi kesehatan bayi dalam kandungan, disarankan agar para ibu tidak menghisap asap rokok dan para perokok aktif lainnya supaya menghentikan kebiasaan merokoknya apabila berada di sekitar ibu hamil.