Wahyumedia

Hikmah dari Cerita

Cerita memiliki peran penting dalam merangsang imajinasi dan perkembangan daya nalar anak. Terlebih, jika cerita tersebut mengandung nilai-nilai moral. Dengan begitu, melalui cerita akan dapat disosialisasikan nilai-nilai positif kepada anak seperti kejujuran, kesalehan, mencintai sesama makhluk Tuhan, sabar, mensyukuri nikmat, dan lain-lain.

Menurut pakar, membacakan cerita kepada anak sebelum tidur, selain menghibur, pesan moral dalam cerita tersebut akan lebih melekat dalam ingatan si anak, sehingga tidak mudah dilupakan. Kemudian, dengan sering mendengarkan atau membaca cerita, kecerdasan bahasa dan pola berpikir anak yang terstruktur akan semakin terasah.

Manfaat lain, dapat meningkatkan kualitas kecerdasan emosional (Emotional Question/EQ), dan mempererat hubungan anak dengan orangtua. Pada akhir cerita, berilah pertanyaan kepada mereka tentang hikmah apa yang dapat diambil dari cerita tersebut.

Buku 65 Cerita Teladan Sebelum Tidur karya Sakha Aqila Mustofa yang diterbitkan WahyuMedia ini berisi cerita tentang para nabi, Rasulullah SAW, sahabat, dan tabi’in, serta cerita-cerita yang dinukil dari Al Qur’an dan hadits. Misalnya cerita tentang Habil dan Qabil, keteguhan iman Siti Masyithah, perjalanan Isra dan Mi’raj Rasulullah, Maryam yang melahirkan Nabi Isa AS, dan masih banyak lagi.

Isi cerita dalam buku ini ditulis dengan bahasa yang lugas agar hikmah dalam buku ini mudah dipahami oleh anak. Selain itu, untuk menarik minat anak, buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi bergaya klasik nan apik.