Wahyumedia

Efektif Rangsang Minat Baca Bagi Anak dan Orang Dewasa

Paul Richard Kuehn, seorang pensiunan pegawai pemerintahan Amerika Serikat pernah merasakan bagaimana sulitnya menikmati buku bacaan. Usai pensiun, bahkan bacaan bukunya hanya hitungan jari. Tetapi kebiasaan membacanya mengalami perubahan ketika mengajar bahasa Inggris di Thailand. Ia mulai membaca karya Mark Twain dan mengajar murid-muridnya cara membaca yang baik dari buku-buku seperti Tom Sawyer dan Huckleberry Finn. Ia juga mulai membaca novel-novel klasik Inggris abad ke-19 dan larut dalam setiap plot cerita yang ada dalam buku. Membaca buku sekarang itu sangat menyenangkan bagi Paul.

Bahkan saking penasaran, ia juga mulai membaca beberapa buku di rak buku milik orangtuanya, sekaligus mengenang masa kecil. Paul yang kini tinggal di Thailand memberikan beberapa tips menarik untuk merangsang minat baca buku sebagai sebuah aktivitas yang menyenangkan, baik bagi anak-anak maupun orang dewasa.

1. Perbanyak Dongeng pada Anak-Anak di Usia Dini

Semua anak-anak suka mendengarkan cerita yang menarik dan menyenangkan. Pada usia satu sampai tiga tahun, anak-anak biasanya sudah siap untuk mendengarkan dongeng atau untuk melihat gambar saat cerita sedang disampaikan. Metode buku dongeng yang disertai gambar tersebut sangat merangsang minat membaca.

2. Dorong Anak-anak Menjadi Penasaran dan Imajinatif

Orang yang suka membaca buku sebagai aktivitas yang menyenangkan akan berusaha memuaskan rasa keingintahuan dan imajinasi yang dimiliki.  Pada usia satu atau dua tahun, Anda bisa memberikan buku anak-anak dengan gambar yang tidak lengkap dan mendorong mereka untuk selesai menggambar dan bercerita.

3. Biarkan Anak-Anak Memiliki Banyak Teman Bermain

Ketika bermain dalam kelompok sebayanya, anak-anak akan bermain peran berdasarkan pengalaman mereka. Hal tersebut dapat mendorong anak-anak untuk membaca buku.

4. Dorong Anak Mengembangkan Minat dan Hobi

Jika anak-anak menumbuhkan minat dan hobi sejak dini, mereka akan cenderung ingin membaca buku. Buku-buku ini mungkin tentang olahraga, musik, gambar atau koleksi.

5. Rajin Menulis Buku Harian

Dengan menyimpan buku harian di mana Anda merekam kegiatan sehari-hari dalam hidup Anda, kemungkinan besar Anda juga ingin membaca buku harian orang lain.

6. Perbanyak Interaksi dengan Sekitar

Melalui percakapan dengan teman-teman, Anda akan menemukan ide-ide baru dan buku-buku yang akan memuaskan keingintahuan dan imajinasi Anda.

8. Menonton Film

Ada banyak film di televisi dan di bioskop yang didasarkan pada buku. Dengan menonton film yang bagus, Anda bisa terstimulasi membaca buku dari mana film tersebut diadaptasi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *