Wahyumedia

Dari Markas Kelompok Agromedia Menuju Jakarta Timur

Kunjungan ke salah satu rekanan Kelompok Agromedia ini merupakan bagian dari kegiatan belajar mengajar SMP Sang Timur. Seperti yang telah diungkapkan salah seorang guru pendamping SMP Sang Timur, Cicilia Nedyo Astuti, kunjungan ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh mereka. “Sebelumnya, kami lebih sering ke tempat-tempat wisata dan museum,” katanya.

Kehadiran siswa-siswi ini tentunya menyemarakkan suasana kerja percetakan yang terletak di Jakarta Timur itu. Selain memperkenalkan suasana produksi percetakan, kunjungan ini menjadi sarana siswa mengenal dunia percetakan dan perbukuan.

Sekitar 200-an siswa memadati percetakan. Secara silih berganti, mereka mempelajari bagaimana proses produksi percetakan buku yang baik, mulai dari pra cetak hingga bagian terakhir yaitu pengkoreksian. Dipandu oleh beberapa karyawan, para siswa dituntun untuk mengenal kerja produksi dan alat-alat pendukung yang memaksimalkan kerja percetakan.

Ana Maria, salah seorang murid SMP Sang Timur yang duduk di kelas VIII mengatakan bahwa dirinya puas dengan kunjungan ini. Kegiatan ini terbilang unik karena para murid bisa belajar secara langsung dan tidak hanya mengenal teori dalam kelas.  “Saya tidak menyangka, untuk mencetak buku-buku dibutuhkan ketelitian tinggi,” tuturnya.

Senada dengan Ana, salah satu karyawan percetakan Penebar Swadaya, Dedi Rustani mengatakan, kunjungan ini mengejutkan dan seru. Pasalnya, baru pertama kali ini mereka kedatangan siswa. Meskipun sedikit menyita waktu kerja, namun semua karyawan merasa senang karena dapat berbagi pengetahuan seputar proses produksi percetakan.

Percetakan Penebar Swadaya adalah percetakan yang memproduksi buku-buku terbitan Kelompok Agromedia. Dari sinilah buku-buku berkualitas dan layak untuk dijadikan bacaan bermutu bagi masyarakat dicetak. Percetakan yang memiliki ratusan karyawan ini menjadi salah satu bagian penting dalam mendukung kinerja Kelompok Penerbit Agromedia dalam menyediakan buku-buku menarik.