Wahyumedia

Cerdas dan Tepat Lulus Ujian Fisika

Namun, bagi sebagian siswa, justru kesulitan-kesulitan ini menjadi tantangan. Bahkan, menjadikannya suatu petualangan dalam berpikir dan  kreatif menyelesaikan setiap kerumitan dan kesulitan dalam menghadapi berbagai persoalan fisika. Dan faktanya, banyak siswa yang berhasil, bahkan meraih prestasi yang gemilang.

Memang, segala permasalahan pendidikan dan pembelajaran tidak semuanya harus dibebankan dan disalahkan kepada siswa semata. Artinya, ketidaksemangatan atau ketidakmampuan siswa dalam menguasai materi fisika bukan disebabkan oleh siswa itu sendiri secara personal. Namun, ada faktor lain yang mesti dikaji. Salah satunya adalah metodologi pembelajaran. Jadi, tidak mampunya siswa menjawab soal-soal fisika sehingga tidak lulus dalam tahapan ujian, bukan berarti siswa tersebut tidak pandai, namun bisa jadi ada kesalahan metode belajar.

Metode pembelajaran bagi siswa, biasanya mengacu kepada tiga hal, yaitu cepat, tepat, dan praktis. Melalui metode belajar yang tepat, siswa bisa terhindar dari berbagai kesalahan menjawab. Sedangkan, metode belajar yang cepat, waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama sehingga tidak menyita waktu-waktu lain yang digunakan untuk memelajari mata pelajaran lainnya. Sementara itu, metode belajar yang praktis, siswa tidak akan kerepotan dan mudah memahami setiap materi yang diajarkan.

Mengacu kepada tiga hal di atas, salah satu metode ini ialah memelajari kumpulan soal dan pembahasan fisika yang telah diujikan pada tahun-tahun ke belakang. Cara ini telah terbukti memberikan manfaat yang besar bagi siswa guna menunjang belajar dalam menghadapi ujian.

Buku “Kupas Fisika SMP untuk Kelas 1, 2, & 3” yang disusun oleh Ari Damari ini sangat tepat Anda gunakan sebagai penunjang tersebut. Buku ini dapat dijadikan sebagai buku panduan atau sumber belajar bagi Anda yang duduk di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) kelas VII, kelas VIII, maupun kelas IX.

Buku yang diterbitkan WahyuMedia ini dikemas untuk bisa dipergunakan sebagai bahan belajar agar sukses ulangan harian, ulangan akhir semester, ujian sekolah, dan ujian nasional (UN) maupun ujian masuk SMA. Agar mudah dipelajari, buku ini disajikan secara sistematis dan pola yang menarik. Pada Bab I disajikan pola berpikir fisika, yaitu suatu metode untuk memelajari fisika dengan mudah, cermat, dan cepat. Sedangkan pada setiap bab dan subbab disajikan bagian materi singkat, contoh, soal-bahas, cerdik, dan latihan.

Materi singkat bertujuan untuk membentuk pemahaman konsep atau rumus-rumus penting yang perlu dikuasai siswa. Contoh-contoh bertujuan menjelaskan siswa agar lebih memahami materi yang disajikan. Soal-bahas bertujuan untuk memberikan bahan belajar siswa dengan berbagai variasi soal sehingga siswa menguasai materi yang dipelajari. Cerdik merupakan alternatif berpikir fisika sehingga siswa menjadi kreatif dan mengetahui bahwa fisika itu mudah. Sedangkan latihan merupakan bentuk evaluasi tiap-tiap subbab untuk mengukur tingkat pemahaman siswa.

Einstein pernah mengatakan, “Kesuksesan itu diraih oleh kerja keras, sedangkan kecerdasan hanya satu persennya.”

Selamat belajar. Semoga sukses dan meraih prestasi yang gemilang!