Wahyumedia

Cara Mudah dan Praktis Mengajarkan Iqra kepada Anak

Namun, belajar Al-Qur`an mesti mengetahui tata baca bahasa Arab, sebab Al-Qur`an menggunakan bahasa tersebut. Karena itu, sebagian orang banyak merasa kesulitan dalam belajar Al-Qur`an sehingga banyak yang masih belum bisa membacanya, padahal usia mereka sudah dewasa bahkan berusia lanjut.

Bagian dari kendala pembelajaran Al-Qur`an, di antaranya tidak adanya kesadaran orangtua untuk mengajarkan anaknya membaca Al-Qur`an sejak dini. Sementara itu, pendidikan yang mereka tempuh, tidak mengajarkan sedikit pun membaca Al-Qur`an. Padahal, semakin besar usia anak, semakin banyak alasan untuk tidak belajar membaca Al-Qur`an, baik karena alasan kesibukan, pergaulan, maupun egoisme merasa dirinya sudah besar.

Atas dasar hal di atas, mesti diterapkannya suatu metode yang tepat dan cepat membaca Al-Qur`an, juga perlunya mengajarkan membaca Al-Qur`an sejak dini. Melalui cara ini, umat Islam sudah bisa membaca Al-Qur`an sebelum menginjak dewasa.

“Buku Peraga Iqra`u untuk Anak” yang disusun oleh Wardatus S. Dan Dradjad P. ini sangat membantu Anda atau anak-anak Anda dalam belajar membaca huruf-huruf hijaiyah, baik per huruf maupun berupa kombinasi huruf bersambung. Dengannya, anak akan lebih mudah membaca Al-Qur`an atau membaca bahasa Arab.

Buku yang diterbitkan WahyuMedia ini terdiri dari dua jilid. Jilid pertama, berisi pengenalan huruf hijaiyah beserta harakatnya. Sedangkan jilid kedua, berisi latihan membaca huruf hijaiyah bersambung beserta harakatnya. Setiap halaman berisi satu huruf hijaiyah atau satu kalimat yang dapat dikombinasikan dengan huruf hijaiyah di halaman lainnya sehingga anak dapat berlatih membaca lebih variatif.

Melalui kombinasi-kombinasi ini, anak bisa benar-benar terasah kemampuan dan daya cernanya sehingga benar-benar akan lebih cepat menguasai cara membaca huruf hijaiyah ini. Contohnya, jika anak sudah menguasai seluruh jenis huruf, kemudian dilatih bagaimana membaca huruf-huruf gabungan dari setiap halaman secara variatif. Misalnya, a digabung dengan bi di halaman lain sehingga dibaca abi, atau a digabung dengan mi di halaman lainnya sehingga menjadi ami. Demikian seterusnya, sampai anak benar-benar mahir membaca seluruh kombinasi huruf dan kalimat dari huruf-huruf hijaiyah.

Buku ini sangat cocok diajarkan orangtua bagi anak-anaknya atau bagi para guru TKA dan yang sederajat. Bahkan, bagi siapa saja yang belum bisa membaca huruf-huruf hijaiyah sebagai bekal utama membaca Al-Qur`an dan bahasa Arab.

Selamat belajar!