Wahyumedia

Belajar Mengerjakan Pekerjaan Rumah

Untuk membantu anak dalam studi, bukanlah hal yang sederhana, bahkan bisa menjadi suatu tantangan tersendiri baik secara intelektual maupun emosional.

Belajar dan membuat pekerjaan rumah memang merupakan bagian dari proses perkembangan diri anak, di mana anak berusaha untuk meluaskan dunianya. Justru di sinilah orang tua harus berperan agar anak dapat berkembang dengan baik, dan terarah pada arah yang postif.

Pendapat bahwa keberhasilan seseorang dalam studi ditentukan sejak ia masih di sekolah dasar adalah benar. Pola belajar seseorang memang dibentuk saat ia masih duduk di tingkat sekolah dasar, sesuai dengan masanya ia mengalami perkembangan mental dan pembentukan karakternya.

Di masa ini anak tidak hanya belajar tentang berhitung, membaca, atau menghafal pengetahuan umum saja, melainkan juga belajar tentang tanggung jawab, skala nilai moral, skala nilai prioritas dalam kegiatannya, dan juga soal kedisiplinan.

Apa yang hendak dicapai dengan memberikan pekerjaan rumah selain agar ia mengulang bahan pelajaran, adalah juga untuk mendidik anak agar ia bertanggung jawab terhadap suatu tugas, untuk melatih ia mengatur jadwal, dan melatih ia mengerjakan sesuatu sendiri.

Untuk membantu orangtua, guru, dan anak didik dalam mengerjakan pekerjaan rumah, WahyuMedia menerbitkan buku “Pintar Mengerjakan PR Matematika SD Kelas 1, 2, 3, dan 4” karya Ajen Dianawati. Buku ini disusun berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).