Wahyumedia

Belajar Mengenal Benda dan Mahkluk Melalui Huruf

Mengenal huruf, membaca, dan menulis adalah bagian dari konsep pendidikan dasar bagi anak. Pada buku “Belajar Sambil Bermain Huruf A—Z”  yang diterbitkan oleh WahyuMedia ini, materi yang diberikan disusun secara menarik dan disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan anak. Konsep penyusunan buku yang tulis oleh Ajen Dianawati ini terdiri dari beberapa metode. Yaitu sebagai berikut.

1. Menebalkan huruf. 
     Kata yang ditulis menunjukkan nama benda atau makhluk hidup yang terdapat pada gambar di sampingnya ditulis secara transparan. Cara ini memudahkan bagi anak mengenali nama gambar dan penulisan hurufnya, sekaligus menghafalnya.

2. Mencocokkan kata (tulisan) dengan benda atau makhluk hidup.
     Kata yang ditulis, posisinya tidak berurutan dengan gambar yang ada di sampingnya. Cara ini memancing daya pikir anak untuk melakukan identifikasi terhadap gambar dan namanya.

3. Menyusun huruf yang tidak beraturan.
     Kata yang ditulis di samping gambar, hurufnya ditulis secara acak agar anak menyusun huruf-huruf tersebut membentuk kata yang benar sesuai dengan nama gambar di sampingnya. Cara ini merupakan bagian identifikasi huruf dari masing-masing kata dengan menggunakan acuan dari gambar masing-masing. Dengan cara ini, daya pikir anak akan terpicu untuk mengingat hakikat kata yang tertulis secara acak tersebut.

4. Memilih satu kata dari kelompok kata.
     Ada sekitar tiga kata atau lebih terdapat di samping masing-masing gambar. Kemudian, si anak memilih salah satu kata yang cocok dengan gambar tersebut. Cara ini merupakan identifikasi kata yang disesuaikan dengan gambarnya. Dengan demikian, ia bisa membedakan dan mengenali mana kata yang benar dan salah bagi penamaan bendanya.

5. Mengisi huruf pada kata yang tidak sempurna dari nama gambar.
6. Mencari huruf dan menjumlahkan huruf yang terdapat pada kumpulan huruf.
7. Memberikan huruf pertama pada setiap nama gambar.
8. Mewarnai dan melingkari huruf.

Cara-cara di atas, selain memudahkan bagi anak dalam belajar mengenali serta menghafal huruf, tulisan, dan gambarnya, juga bisa meningkatkan daya pikir. Sebab, di dalamnya terdapat sistem identifikasi, imajinasi, dan kreativitas. Selamat belajar!