Wahyumedia

Belajar Bahasa Indonesia dengan Benar

Sebagai bahasa nasional, dalam perkembangannya bahasa Indonesia banyak mendapat pengaruh dari berbagai bahasa, baik itu bahasa daerah ataupun bahasa asing. Karenanya, pendidikan bahasa Indonesia sangat penting diajarkan kepada para siswa di sekolah.

Dari sana, diharapkan para siswa mampu menguasai, memahami, dan dapat mengimplementasikan keterampilan berbahasa, seperti membaca, menyimak, menulis, dan berbicara. Dalam menggunakan bahasa Indonesia, selain kita memahami maknanya, yang tidak kalah penting adalah memahami pula ejaannya dengan baik dan benar.

Dengan begitu, kita bisa menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar untuk dipakai dalam percakapan sehari-hari. Nah, bagi Anda yang ingin memperluas pengetahuan tentang bahasa Indonesia, Buku Pintar Bahasa Indonesia karya Enung Nuraeni, M.Pd dan Tim Elpena bisa dijadikan bahan referensi.

Buku ini merupakan kumpulan materi bahasa Indonesia kelas 4, 5, dan 6 yang mengacu pada kurikulum serta tujuan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk SD/MI. Tujuan pembelajaran meliputi empat aspek, yaitu keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Aspek tersebut disajikan secara terpadu dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

Buku ini terdiri atas tiga belas bab. Penyajian materi disusun secara sistematis, yaitu dimulai dari pembahasan materi, pembahasan soal, serta uji kompetensi. Diharapkan para siswa dapat mengukur sejauh mana pemahamannya terhadap materi yang dipelajari.

Selain itu, bahan referensi lainnya, Anda bisa menggunakan Kamus Praktis Bahasa Indonesia karya A.A. Waskito. Kamus ini tidak hanya memuat kosakata bahasa Indonesia, tapi juga bahasa asing yang telah diserap ke dalam bahasa Indonesia.

Kamus terbitan WahyuMedia ini disertakan pula pedoman umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (EYD) yang disalin dari Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kamus ini dapat memenuhi kebutuhan para pengguna dalam berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.