Wahyumedia

Asyik Berkreasi dengan Crayon

Crayon adalah alat untuk menggambar atau melukis yang terbuat dari lilin. Sebuah crayon dibuat  dari kapur yang diminyaki disebut sebagai pastel. Crayon adalah alat pelengkap untuk menggambar yang digunakan di sekolah-sekolah di seluruh dunia. Crayon cukup popular karena mudah digunakan untuk untuk bekerja, tidak kotor (seperti halnya cat), tumpul, tidak beracun, dan tersedia dalam berbagai variasi warna.  Selain itu crayon dengan mudah bisa dijumpai di toko-toko. Crayon sangat cocok untuk anak-anak yang ingin  belajar mewarnai atau menggambar.

Ada beberapa tips dalam memilih dan menggunakan crayon, antara lain: pastikan crayon berkualitas  baik, tidak mudah patah, tidak rapuh, dan tidak mengandung zat-zat berbahaya yang bersifat racun.  Pastikan crayon yang akan digunakan memiliki variasi warna yang beragam seperti 24 warna, 36  warna, atau lebih. Pastikan bentuk batang crayon yang digunakan memiliki sudut agar tangan atau  jari-jari dapat memegang dengan kuat.

Setelah yakin dengan crayon yang telah dipilih, mulailah berkreasi. Aktivitas memulas dan  menggambar memakai crayon adalah hal yang mengasyikkan bagi anak-anak. Selain berguna untuk  mengenalkan warna-warna, lewat media crayon anak-anak bisa berkreas, mengasah daya khayal dan  imajinasi hingga bisa terbangun. Aktivitas positif anak pun bisa tersalurkan dengan memulas dan  menggambar.
Untuk memulai berkreasi ada sebuah buku berjudul Panduan Praktis Mewarnai dengan Crayon yang bisa menemani anak-anak untuk belajar mewarnai. Dalam buku ini, anak dituntun secara visual mengikuti langkah-langkah seperti dalam buku. Dengan begitu, secara teknis anak akan menguasai hal-hal sebagai berikut:

1. Teknik dan langkah-langkah praktis mewarnai dan mengarsir gambar
2. Memilih dan memadukan warna
3. Teknik penyelesaikan akhir untuk menyempurnakan gambar
4. Tips memilih dan menggunakan crayon untuk mewarnai, bermain warna gradasi, dan mengarsir dengan crayon, tips mengikuti lomba, dan lain-lain.

Panduan Praktis Mewarnai dengan Crayon seri  suasana berisi  ilustrasi yang akan mendampingi anak untuk mewarnai suasana sarapan pagi, berangkat ke sekolah, hingga suasana berkemah dan api unggun. Buku ini disusun oleh Heru Lesmana dan diterbitkan oleh Wahyumedia.