Mudah Mengasuh dan Merawat Bayi dan Balita
Home  »  Uncategorized   »   Mudah Mengasuh dan Merawat Bayi dan Balita

Mudah Mengasuh dan Merawat Bayi dan Balita

Hal-hal yang harus diperhatikan oleh bunda manakala ingin buah hatinya tumbuh sehat dan cerdas dibahas secara tuntas dalam talkshow buku Panduan Pintar Merawat Bayi dan Balita yang digelar Minggu sore (4/07/2010) di Pesta Buku Jakarta 2010-Istora Senayan. Dipandu langsung Nanang Djamaludin, penulis buku tersebut.

Nanang Djamaludin ini dilahirkan di Jakarta 36 tahun silam. Ia sempat kuliah di Unlam Banjarmasin. Lalu, dilanjutkan di Universitas 17 Agustus 1945, Jakarta. Sejak mahasiswa, ia banyak bergelut dengan aktivitas gerakan berwatak transformasi sosial dan pernah menjadi jurnalis di Jakarta. Kini, ia aktif di Yayasan Dian Puspa Sari bersama dr. Dewi Sri Rahmawati SpA, mengembangkan konsep-konsep pendidikan anak dan kesehatan keluarga. Selain itu, ia juga menggagas Komunitas Bintang Kecil (KBK) yang menjadi wadah sharing (berbagi) bagi pasangan muda dalam mengorientasikan tumbuh kembang anaknya menjadi generasi baru dengan multitalenta.

Seperti yang dituturkannya dalam acara tersebut, setiap anak mengalami proses tumbuh kembang yang berbeda-beda, baik menyangkut kecepatan dan percepatan proses tumbuh kembangnya, maupun keunikan-keunikan tersendiri yang terdapat pada masing-masing anak. Namun, secara umum, aspek kesehatan setiap anak sangat menentukan proses tumbuh kembangnya. Kesehatan yang prima, pada gilirannya akan menunjang munculnya potensi-potensi kecerdasan sang buah hati.

Ia menambahkan bahwa berbicara tentang tumbuh kembang bayi dan balita akan senantiasa menyangkut pembicaraan mengenai aspek kesehatan serta kecerdasannya. Pada proses tumbuh kembang, berarti berlangsungnya proses “pertumbuhan” serta “perkembangan” bayi dan balita sebagai gejala yang berlangsung secara bersamaan. Keduanya mempunyai kaitan yang sangat erat. Dengan kata lain, idealnya setiap proses pertumbuhan bayi dan balita, harus diiringi proses perkembangan.

Selain itu, ia juga menjelaskan isi dalam buku karyanya yang memuat beragam informasi atau pengetahuan tentang dasar-dasar pola mengasuh dan merawat anak. Mulai dari materi-materi kategori “sedikit berat” seperti ulasan seputar masalah kecerdasan anak yang sehat, cerdas, dan berkualitas. Bahkan, kita dapat mengawal mereka sejak masih berada dalam kandungan.

Di sesi akhir, Nanang Djamaludin dan penerbit WahyuMedia membagikan doorprize kepada para peserta yang bertanya seputar buku dan permasalahan tumbuh kembang anak.

X