Efek Buruk Kurang Tidur Bagi Kesehatan Anda
Home  »  Uncategorized   »   Efek Buruk Kurang Tidur Bagi Kesehatan Anda

Efek Buruk Kurang Tidur Bagi Kesehatan Anda

Satu bulan penuh Piala dunia 2010 tersebut digelar. 32 tim terbaik dari seluruh dunia bermain dalam event 4 tahunan ini. Tak heran bila ratusan juta pasang mata menanti. Banyak orang rela begadang dan akan merasakan kurang tidur akibat menonton pertandingan.

Kurang tidur menyebabkan banyak efek buruk. Hanya  bisa tidur selama kurang dari 4 jam sehari akan menyebabkan produktivitas kegiatan selama siang hari akan terganggu, baik itu pekerja, atau non pekerja.

Seperti yang disarikan dari situs vivanews. Setidaknya ada 8 akibat buruk yang ditimbulkan dari efek kurang tidur.

  1. Peningkatan hasrat ngemil makanan berlemak
  2. Antibodi menjadi lemah
  3. Rentan terserang diabetes.
  4. Stres meningkat
  5. Memicu rasa gelisah
  6. Tampak lebih tua
  7. Berbagai rasa sakit bisa timbul
  8. Resiko kanker lebih tinggi

Nah, setelah Anda mengetahui dampak buruk yang disebabkan oleh kurang tidur maka Anda harus peka terhadap kondisi tubuh. Sebenarnya ada beberapa gejala yang bisa diperhatikan ketika tubuh merasa kekurangan istirahat, seperti yang dikutip dari forumkami.com yaitu:

  1. Frustasi terhadap pertanyaan-pertanyaan sederhana karena kelelahan akan membuat sulit membedakan informasi penting dan yang tidak relevan.
  2. Rasa lapar yang terus menerus seharian, disebabkan karena kekurangan tidur bisa menyebabkan tubuh kurang memproduksi leptin yaitu hormon yang membuat kita merasa kenyang.
  3. Sering demam karena tubuh akan rentan terkena virus.
  4. Emosi labil.
  5. Ceroboh karena kemampuan motorik akan menurun seiring kurangnya jam tidur.

Agar tetap fresh setiap saat tanpa perlu meninggalkan kegiatan piala dunia tersebut, Anda perlunya manajemen waktu yang baik dan asupan gizi makanan yang sehat dan bergizi, serta jam tidur yang cukup.

X